Jumat, 25 Januari 2013

Keluhan Buat Telkomsel


Salam hormat buat segenap Customer Service (CS) Telkomsel.
Hari ini tanggal 25 Januari 2013, saya dan teman saya mendatangi Grapari Telkomsel guna komplain tentang tersedotnya pulsa saya selama sebulanan ini. Untuk di ketahui, kedatangan saya hari ini adalah kedatangan saya yang ke- 2 kalinya. Kedatangan pertama, sekitar seminggu yang lalu saya di layani oleh CS yang bernama Annisa, seorang CS yang cantik tapi sayang kurang ramah karena dari awal saya duduk tidak sekalipun saya diberikan senyuman. Tapi saya tidak terlalu memperdulikan, dan langsung menyampaikan komplain-an saya terkait dengan tersedotnya pulsa saya. CS tersebut bertanya no. Hp dan nama saya.
Setelah itu dia lihat – lihat HP saya, kemudian melihat ke layar komputernya, ngetik – ngetik (gak tw ngetik – ngetik apa). Lalu dia bertanya saya menggunakan paket apa untuk HP saya (saya menggunakan smartphone Blackberry), saya mengatakan bahwa saya menggunakan Paket Full service bulanan sebesar Rp. 90.000/bulan, [dimana fasilitas dalam paket full service adalah bisa semuanya (twitter, chatting, browsing) hanya saja tidak untuk streaming, roaming international, dan modem]. Setelah itu dia ngetik – ngetik lagi di komputernya (kembali saya gak tahu apa yang di ketiknya), sampai akhirnya dia meminta saya untuk menunggu sebentar karena dia mau bertanya sama atasannya, dan kemudian dia masuk ke dalam (cukup lama). Naaaah, saat akhirnya keluar, dia menjelaskan bahwa pulsa saya tersedot karena saya menggunakan aplikasi WhatsApp (WA). Saya bertanya bukankah aplikasi WA itu gratis, dan di jawab, kemaren memang begitu tetapi sekarang WA nyedot pulsa. Dan saya di sarankan untuk mengganti ke paket Extreme (Rp. 120.000/bln). Waktu itu saya ngangguk – ngangguk aja dan langsung pergi karena malas berpanjang – panjang.
Pulangnya saya dari grapari, langsung saya nge-tuit (saya lupa tuitannya :D), tak lama kemudian teman saya nge reply tuitan saya, teman saya bilang, WA itu tidak berbayar, kemungkinan besar pulsa kesedot karena jaringan 3G/EDGE sedang down, dan akhirnya jaringan mencari GPRS, hal inilah yang menyedot pulsa. Okay, setelah mendengar penjelasan teman saya itu (teman saya ini mantan CS telkomsel), saya coba mengerti dengan tidak memperpanjang.
Setelah itu saya menjadi orang yang sering mengecek jumlah pulsa. Dan saya percaya dengan penjelasan teman saya, ketika waktu saya asyik chatting via WA, tidak ada sepeserpun pulsa saya di sedot. Malamnya, ketika koneksi jaringan sedang lemot – lemotnya, dan saya mencoba ngetuit dan chat via WA, ternyata pulsa saya kesedot. Dan teman saya tersebut juga mengalami hal yang sama.
Akhirnya kami janjian untuk komplain ke Grapari Telkomsel lagi....
Di kedatangan saya yang ke-2 kalinya ini saya di layani oleh CS cowok (saya lupa namanya), di kedatangan kali ini benar – benar menguji kessabaran saya. Saya kesal dengan jawaban – jawaban yang di lontarkan oleh CS tersebut. Berikut jawaban – jawabannya :
Pertama kali saya datang, saya bertanya
“mas, ini kenapa ya sebulan ini, pulsa saya sering kesedot.padahal saya sudah memakai paket full service?”
Jawaban si CS
“maaf mb, no hp nya berapa?” dan langsung saya jawab, kemudian bertanya lagi “namanya sapa?”, juga langsung saya jawab. Setelah itu dia meminta izin untuk melihat HP saya, lalu bertanya sambil menunjuk aplikasi Tra.duc.tor (kamus bhs inggris online) dan WA, dia bertanya “apakah mb aktif menggunakan 2 aplikasi ini?”. Saya menjawab dengan anggukan. Dan dengan sangat Pe-Denya dia bilang bahwa kedua aplikasi tersebut lah yang menyedot pulsa saya.
Saya bertanya
“lho bukannya kedua aplikasi tersebut adalah gratis?”
Dia menjawab
“ya itu dulu mb, sekarang WA sudah berbayar. Kalau mb mau, mb bisa berganti menjadi paket Extreme Rp. 120.000/bulan”
Lalu, saya berkata
“okay, kalau dua aplikasi tersebut yang menyebabkan pulsa saya kesedot. Berarti kalau pulsa saya habis, dua aplikasi tersebut tidak bisa saya gunakan kan?”. dia menjawab dengan anggukan. Saya berkata lagi “nah, sejak 2 hr lalu ketika pulsa saya habis kesedot saya sengaja gak ngisi pulsa, pulsa saya Cuma tersisa Rp. 40,-. Otomatis dengan pulsa segitu saya seharusnya tidak bisa menggunakan kedua aplikasi tersebut, soalnya mas bilang, kedua aplikasi tersebut berbayar. Tapi, sampai saat ini, saya masih bisa menggunakan kedua aplikasi tersebut, dan pulsa saya tetap Rp. 40,-“
Dan kalian tahu CS menyebalkan ini menjawab apa? Ini jawabannya
“iya mb, itu dari sistem WA nya. Jadi kalau ada pulsa, pemakaian dua aplikasi tersebut menyedot pulsa. Dan kalau tidak ada pulsa, ya pulsanya gak kesedot. Tapi masih bisa menggunakan kedua aplikasi tersebut”
Aneh bin lucu bin menyebalkan mendengarkan jawaban si CS.
saya bersikeras dengan mengatakan
“tapi saya udah make dua aplikasi ini selama hampir 2 tahun lho  mas, dan tidak pernah menyedot pulsa. Baru sebulanan ini pulsa saya kesedot”
Lalu si CS gebleg ini menjawab
“yaaaa itu dari sistem WA nya mb, bukan salah telkomselnya”....aaaaaak jawaban ini membuat saya kesal tingkat tinggi.
Sambil tersenyum sinis saya bilang
“berarti lebih aman saya gak isi pulsa aja ya?”
Dan kalian tahu dia jawab apa? *ini bacanya sambil teriak, karena ketika menuliskannya saya berteriak saking kesalnya*. Dia bilang
“ya kalau mb lebih nyaman gak  ngisi pulsa. Silahkan”
What the...... jawaban CS macam apa seperti itu??????. Dan akhirnya saya pergi sambil bilang “aneh!!!”. Lalu saya mendekati teman saya yang juga sedang komplain, dan akhirnya saya nimbrung di CS tersebut, namanya mb Nana. CS nya cukup ramah, dengan sabar mendengarkan keluhan kami sambil tersenyum, walaupun dengan sorot wajah panik. Semua pertanyaan yang saya ajukan ke CS yang cowok tadi saya ajukan ke CS ini, okay, jawaban pertamanya sama...dikarenakan aplikasi WA. Okay saya cecar dengan mengatakan bahwa seharusnya kalau memang aplikasi WA itu berbayar. Seharusnya saya gak bisa menggunakan aplikasi tersebut kalau pulsa saya kosong . si CS tersebut mengangguk dan bilang “ya WA tidak akan bisa berfungsi”. Saya dan teman saya langsung bilang “tapi WA kami aktif lho mb, dan kita udah gak ngisi pulsa selama 2 hari, seharusnya WA saya gak bisa digunakan. Tapi ini buktinya, sampai saat ini saya sedang chat ma teman saya menggunakan WA” dan CS nya terdiam sambil tersenyum. Gak bisa menjawab dan menjelaskan.
Akhirnya saya bilang, “2 x saya datang ke sini bertemu dengan 3 CS dan jawabannya berbeda – beda. Di suruh ngisi form tapi juga gak pernah di tindak lanjuti. Harap di tindak lanjuti mb komplain-an kita. Kita make telkomsel udah lama. Masak pelanggan dirugikan?”
Setelah berbicara seperti itu saya dan teman saya langsung pulang. Di ikuti tatapan gak nyaman dari para CS dan tatapan penasaran dari para pelanggan.
Pfffffffttt....benar – benar jawaban yang tidak memuaskan dari para CS tersebut.
Beneran itu jawaban – jawaban dari CS – CS nya beneran membuat kesal. Semoga setelah ini ada perbaikan dari telkomselnya!!!.


4 komentar:

  1. TELKOMSEL EMANG PARAH BANGET...PULSA SAYA JUGA KESEDOT PADAHAL UDAH DAFTAR PAKET INTERNET...
    PAS COBA HUBUNGIN CS ONLINENYA GA ADA YANG BISA DI HUBUNGI SIBUK SEMUA...DAN UNTUK LAYANAN CCS ONLINE NYA COUSTOMER TIDAK LANGSUNG DI ARAHKAN KEPADA TUJUAN TELEPON TAPI DI BERI IKLAN 2 SAMPAH DARI TELKOMSEL...

    SARAN GW MENDINGAN KALO ADA YANG MAU PRODUCT TELKOMSEL PIKIR2 DULU DEH

    BalasHapus
  2. untuk para pengguna telkomsel ganti aja kartu sama XL,3,indosat ato yang bukan telkomsel pokoknya,isi voucher aja ada aturan,paraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah banget.

    BalasHapus
  3. mendingan gw mundur gak pake mkios,daripada di batasi kayak gini.Untung aja gw sendiri gk pernah pake telkomsel.

    BalasHapus
  4. Saya Sebagai pelanGgan setia simPATI... Merasa belum puas dan kecewa terhadap layanan yang di berikan oleh telkomsel yang boleh di kata pemerataan promo telkomsel blm merata dan tidak tepat sasaran... Kenapa demikian...??? Itu di sebabkan
    1. Promo data 3G dan WIFI tidak tepat sasaran
    Wilayah yang belum berpasilitas 3G di berikan Promo data 3G dgn biaya yang sama
    2. Layanan INTERNET masih sering mengalami gangguan
    3. Waktu pengoprasian bonus TM dari 16:00 sd 23:59 jadi seharusnya untuk wilayah GORONTALO 17:00 sd 00:59 namun selama ini tak demikian tetap mengikuti jam pusat sehingga banyak pelanggan merasa dirugikan bonus TM masih ada pulsa utama terserap ketika jam 00:00 kebobolan satu jam darii yang seharusnya

    BalasHapus

 

MyHistory Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates