Salam hormat buat segenap
Customer Service (CS) Telkomsel.
Hari
ini tanggal 25 Januari 2013, saya dan teman saya mendatangi Grapari Telkomsel guna komplain tentang
tersedotnya pulsa saya selama sebulanan ini. Untuk di ketahui, kedatangan saya
hari ini adalah kedatangan saya yang ke- 2 kalinya. Kedatangan pertama, sekitar
seminggu yang lalu saya di layani oleh CS yang bernama Annisa, seorang
CS yang cantik tapi sayang kurang ramah
karena dari awal saya duduk tidak sekalipun saya diberikan senyuman. Tapi saya
tidak terlalu memperdulikan, dan langsung menyampaikan komplain-an saya terkait
dengan tersedotnya pulsa saya. CS tersebut bertanya no. Hp dan nama saya.
Setelah
itu dia lihat – lihat HP saya, kemudian melihat ke layar komputernya, ngetik –
ngetik (gak tw ngetik –
ngetik apa). Lalu
dia bertanya saya menggunakan paket apa untuk HP saya (saya menggunakan smartphone
Blackberry),
saya mengatakan bahwa saya menggunakan Paket Full service bulanan sebesar Rp.
90.000/bulan, [dimana fasilitas dalam paket full service adalah bisa semuanya (twitter,
chatting, browsing) hanya saja tidak untuk streaming, roaming international,
dan modem]. Setelah
itu dia ngetik – ngetik lagi di komputernya (kembali saya gak tahu apa yang di ketiknya), sampai akhirnya dia meminta
saya untuk menunggu sebentar karena dia mau bertanya sama atasannya, dan
kemudian dia masuk ke dalam (cukup lama).
Naaaah, saat akhirnya keluar, dia menjelaskan bahwa pulsa saya tersedot karena
saya menggunakan aplikasi WhatsApp (WA). Saya bertanya bukankah aplikasi
WA itu gratis, dan di jawab, kemaren memang begitu tetapi sekarang WA nyedot
pulsa. Dan saya di sarankan untuk mengganti ke paket Extreme (Rp. 120.000/bln).
Waktu itu saya ngangguk – ngangguk aja dan langsung pergi karena malas
berpanjang – panjang.
Pulangnya
saya dari grapari, langsung saya nge-tuit (saya lupa tuitannya :D), tak lama
kemudian teman saya nge reply tuitan saya, teman saya bilang, WA itu tidak berbayar, kemungkinan besar pulsa
kesedot karena jaringan 3G/EDGE sedang down, dan akhirnya jaringan mencari
GPRS, hal inilah yang menyedot pulsa. Okay, setelah mendengar penjelasan teman
saya itu (teman saya ini mantan CS telkomsel), saya coba
mengerti dengan tidak memperpanjang.
Setelah
itu saya menjadi orang yang sering mengecek jumlah pulsa. Dan saya percaya
dengan penjelasan teman saya, ketika waktu saya asyik chatting via WA, tidak ada
sepeserpun pulsa saya di sedot. Malamnya, ketika koneksi jaringan sedang lemot –
lemotnya, dan saya mencoba ngetuit dan chat via WA, ternyata pulsa saya
kesedot. Dan teman saya tersebut juga mengalami hal yang sama.
Akhirnya
kami janjian untuk komplain ke Grapari Telkomsel lagi....
Di
kedatangan saya yang ke-2 kalinya ini saya di layani oleh CS cowok (saya lupa
namanya), di kedatangan kali ini benar – benar menguji kessabaran saya. Saya kesal
dengan jawaban – jawaban yang di lontarkan oleh CS tersebut. Berikut jawaban –
jawabannya :
Pertama kali saya datang, saya
bertanya
“mas, ini kenapa ya sebulan
ini, pulsa saya sering kesedot.padahal saya sudah memakai paket full service?”
Jawaban si CS
“maaf mb, no hp nya berapa?” dan langsung saya jawab,
kemudian bertanya lagi “namanya sapa?”,
juga langsung saya jawab. Setelah itu dia meminta izin untuk melihat HP saya,
lalu bertanya sambil menunjuk aplikasi Tra.duc.tor
(kamus bhs inggris online) dan WA, dia bertanya “apakah mb aktif menggunakan 2 aplikasi ini?”.
Saya menjawab dengan anggukan. Dan dengan sangat Pe-Denya dia bilang bahwa
kedua aplikasi tersebut lah yang menyedot pulsa saya.
Saya bertanya
“lho bukannya kedua aplikasi
tersebut adalah gratis?”
Dia menjawab
“ya itu dulu mb, sekarang WA
sudah berbayar. Kalau mb mau, mb bisa berganti menjadi paket Extreme Rp.
120.000/bulan”
Lalu, saya berkata
“okay, kalau dua aplikasi
tersebut yang menyebabkan pulsa saya kesedot. Berarti kalau pulsa saya habis,
dua aplikasi tersebut tidak bisa saya gunakan kan?”. dia menjawab dengan
anggukan. Saya berkata lagi “nah, sejak 2 hr lalu ketika pulsa saya habis
kesedot saya sengaja gak ngisi pulsa, pulsa saya Cuma tersisa Rp. 40,-. Otomatis
dengan pulsa segitu saya seharusnya tidak bisa menggunakan kedua aplikasi
tersebut, soalnya mas bilang, kedua aplikasi tersebut berbayar. Tapi, sampai
saat ini, saya masih bisa menggunakan kedua aplikasi tersebut, dan pulsa saya
tetap Rp. 40,-“
Dan kalian tahu CS menyebalkan
ini menjawab apa? Ini jawabannya
“iya
mb, itu dari sistem WA nya. Jadi kalau ada pulsa, pemakaian dua aplikasi
tersebut menyedot pulsa. Dan kalau tidak ada pulsa, ya pulsanya gak kesedot. Tapi
masih bisa menggunakan kedua aplikasi tersebut”
Aneh
bin lucu bin menyebalkan mendengarkan jawaban si CS.
saya bersikeras dengan
mengatakan
“tapi saya udah make dua
aplikasi ini selama hampir 2 tahun lho
mas, dan tidak pernah menyedot pulsa. Baru sebulanan ini pulsa saya
kesedot”
Lalu si CS gebleg ini menjawab
“yaaaa itu dari sistem WA nya
mb, bukan salah telkomselnya”....aaaaaak
jawaban ini membuat saya kesal tingkat tinggi.
Sambil tersenyum sinis saya
bilang
“berarti lebih aman saya gak
isi pulsa aja ya?”
Dan
kalian tahu dia jawab apa? *ini bacanya sambil teriak, karena ketika menuliskannya saya berteriak
saking kesalnya*.
Dia bilang
“ya
kalau mb lebih nyaman gak ngisi pulsa. Silahkan”
What
the...... jawaban CS macam apa seperti itu??????. Dan akhirnya saya pergi
sambil bilang “aneh!!!”. Lalu saya mendekati teman saya yang juga sedang
komplain, dan akhirnya saya nimbrung di CS tersebut, namanya mb Nana. CS nya
cukup ramah, dengan sabar mendengarkan keluhan kami sambil tersenyum, walaupun
dengan sorot wajah panik. Semua pertanyaan yang saya ajukan ke CS yang cowok
tadi saya ajukan ke CS ini, okay, jawaban pertamanya sama...dikarenakan
aplikasi WA. Okay saya cecar dengan mengatakan bahwa seharusnya kalau memang
aplikasi WA itu berbayar. Seharusnya saya gak bisa menggunakan aplikasi
tersebut kalau pulsa saya kosong . si CS tersebut mengangguk dan bilang “ya WA tidak akan bisa berfungsi”. Saya dan
teman saya langsung bilang “tapi WA kami
aktif lho mb, dan kita udah gak ngisi pulsa selama 2 hari, seharusnya WA saya
gak bisa digunakan. Tapi ini buktinya, sampai saat ini saya sedang chat ma
teman saya menggunakan WA” dan CS nya terdiam sambil tersenyum. Gak bisa
menjawab dan menjelaskan.
Akhirnya
saya bilang, “2 x saya datang ke sini
bertemu dengan 3 CS dan jawabannya berbeda – beda. Di suruh ngisi form tapi
juga gak pernah di tindak lanjuti. Harap di tindak lanjuti mb komplain-an kita.
Kita make telkomsel udah lama. Masak pelanggan dirugikan?”
Setelah
berbicara seperti itu saya dan teman saya langsung pulang. Di ikuti tatapan gak
nyaman dari para CS dan tatapan penasaran dari para pelanggan.
Pfffffffttt....benar
– benar jawaban yang tidak memuaskan dari para CS tersebut.
Beneran
itu jawaban – jawaban dari CS – CS nya beneran membuat kesal. Semoga setelah
ini ada perbaikan dari telkomselnya!!!.
TELKOMSEL EMANG PARAH BANGET...PULSA SAYA JUGA KESEDOT PADAHAL UDAH DAFTAR PAKET INTERNET...
BalasHapusPAS COBA HUBUNGIN CS ONLINENYA GA ADA YANG BISA DI HUBUNGI SIBUK SEMUA...DAN UNTUK LAYANAN CCS ONLINE NYA COUSTOMER TIDAK LANGSUNG DI ARAHKAN KEPADA TUJUAN TELEPON TAPI DI BERI IKLAN 2 SAMPAH DARI TELKOMSEL...
SARAN GW MENDINGAN KALO ADA YANG MAU PRODUCT TELKOMSEL PIKIR2 DULU DEH
untuk para pengguna telkomsel ganti aja kartu sama XL,3,indosat ato yang bukan telkomsel pokoknya,isi voucher aja ada aturan,paraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah banget.
BalasHapusmendingan gw mundur gak pake mkios,daripada di batasi kayak gini.Untung aja gw sendiri gk pernah pake telkomsel.
BalasHapusSaya Sebagai pelanGgan setia simPATI... Merasa belum puas dan kecewa terhadap layanan yang di berikan oleh telkomsel yang boleh di kata pemerataan promo telkomsel blm merata dan tidak tepat sasaran... Kenapa demikian...??? Itu di sebabkan
BalasHapus1. Promo data 3G dan WIFI tidak tepat sasaran
Wilayah yang belum berpasilitas 3G di berikan Promo data 3G dgn biaya yang sama
2. Layanan INTERNET masih sering mengalami gangguan
3. Waktu pengoprasian bonus TM dari 16:00 sd 23:59 jadi seharusnya untuk wilayah GORONTALO 17:00 sd 00:59 namun selama ini tak demikian tetap mengikuti jam pusat sehingga banyak pelanggan merasa dirugikan bonus TM masih ada pulsa utama terserap ketika jam 00:00 kebobolan satu jam darii yang seharusnya