• Agar terhindar dr kanker payudara


    Okay ni buat kita para perempuan (walaupun pria juga bisa terkena), harapdiperhatikan!!
    Agar Terhindar dari Kanker Payudara

    KANKER payudara masih menjadi momok bagi perempuan. Terlambat diagnosis, kanker bisa berakibat fatal yang berujung pada kematian.

    "Kebanyakan kanker payudara tidak menurun di keluarga. Kenyataannya kasus kanker payudara sangat dipengaruhi oleh lingkungan, gaya hidup dan pilihan alat kontrasepsi," ujar Dr Marisa C Weiss, presiden dan pendiri Breastcancer.org.

    Weiss mengungkapkan paparan bahan kimia yang ditemukan dalam makanan, minuman, udara yang dihirup, obat-obatan yang dikonsumsi dan beberapa produk pribadi bisa mempengaruhi pengembangan dan kinerja sel-sel payudara setiap harinya sehingga meningkatkan risiko kanker.

    Terlepas dari ada atau tidaknya risiko kanker payudara di keluarga, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko dan memilih menjalani pola hidup yang sehat.

    Sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara antara lain:

    1. Memiliki berat badan yang sehat dan menjaganya agar tidak berlebihan atau kurang.

    2. Berolahraga secara teratur setidaknya 3-4 jam dalam satu minggu, tapi jika bisa lebih banyak maka akan jauh lebih baik.

    3. Menghindari alkohol. Pasalnya berdasarkan studi tahun 2007 diketahui angka kejadian kanker payudara meningkat jika mengonsumsi alkohol.

    4. Berhenti merokok serta menghindari paparan asap rokok. (nih agak susah ni, kitanya sih gak merokok tapi orang2 kan banyak yang egois baget ngerokok sembarangan
    L)

    5. Menyerap sedikit sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D. (nih melimpah ruah di Pontianak heheheh)

    6. Hindari memasak atau memanaskan makanan dalam wadah plastik atau pandi yang bisa menimbulkan bahan kimia berbahaya bisa terkena udara panas. Pertimbangkan bahan dari baja, keramik atau besi untuk memasak, menyimpan dan menyajikan makanan.

    7. Pilih pola makan yang sehat dengan mengurangi makanan yang digoreng, makanan cepat saji atau dalam kemasan siap pakai. Serta perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran yang telah dicuci bersih terlebih dahulu.

    8. Konsumsi air yang telah dimasak dengan matang serta melalui penyaringan.

    9. Pola tidur yang cukup setiap harinya, karena tidur yang cukup bisa membantu memperbaiki dan menjaga sistem kekebalan tubuh seseorang.

    10. Memilih produk rumah tangga yang aman, seperti menghindari penggunaan pestisida serta produk lain yang diketahui mengandung bahan kimia berbahaya.

    11. Lakukan SADARI (Pemeriksaan payudara sendiri) sebagai salah satu bentuk deteksi dini kanker payudara.
    Okay  semoga note ini bermanfaat.....

2 komentar:

  1. lisa al Fath mengatakan...

    hmm..poin nomor 9 udah lisa laksanakan..tinggal poin-poin lainnye.. smangat!smangat!

  2. enozahra mengatakan...

    hwaaaaaa....poin ke 9 itu bukan agik. kak lisa paling semangat menjalaninya...wkwkwkwkwkwk

Poskan Komentar