Selasa, 15 Oktober 2024

Perpanjang SIM C

Setelah sekian lama gak ngisi blog, akhirnya memaksa diri untuk mengisi blog lagi, karena ingin berbagi pengalaman soal perpanjangan SIM C, yg kali ini saya perpanjang via online. Dulu, 5th lalu, sebelum ada perpanjangan SIM online, saya sempat merasakan perpanjangan SIM secara langsung datang ke SATPAS.

Nah kali ini, saya bakal nyeritain tentang perpanjangan SIM C via online.

Pertama, tentu saja kita harus install aplikasi DIGITAL KORLANTAS di Play store (jangan tanya kalau buat pengguna iphone ya, saya gak tau).

Trus setelah terinstall, buka aplikasinya, lalu isikan no hp kamu, lalu ikuti alurnya. Kalau gak bisa lewat SMS, nanti akan ada pilihan untuk metode verifikasinya. 1 nomor hp Cuma bisa untuk 1 KTP.


Sebelumnya, kamu harus siapkan syarat seperti di bawah ini….



Setelah itu, ikuti alurnya. Nanti kamu akan diarahkan untuk ke tes psikologi, tes psikologi gak perlu kemana – mana, kamu cukup isi tes-tes yg ada (sebelum isi tes, nanti kamu disuruh bayar dulu, pembayaran via transfer ya), setelah pembayaran diverifikasi, baru deh kamu isi tes – tes psikologi yang cukup buat pusing itu. Lalu, setelah tes psikologi selesai, kemudian medical check up, diisi dulu via online, nanti baru kita diarahkan untuk memilih ke RS atau klinik mana. Saya memilih ke RS. Bayangkara alias RS. Anton Soejarwo. Lalu pilih hari kedatangan. Nanti kamu tinggal datang ke RS atau klinik tujuan. trus diperiksa sama petugasnya, udah.. jadi deh SKD nya. Nah setelah SKD dan Tes psikologi selesai, baru kamu bisa lanjutkan untuk pembayaran perpanjang SIM C, ini juga via transfer ya. Setelah selesai, ya tunggu aja di aplikasi digital korlantas, kamu bisa cek di menu transaksi untuk lihat apakah sim kamu udah jadi atau belum. Kalau sudah, kamu tinggal datang ke SATPAS yg kamu pilih, ntar di parkiran SATPAS, kamu tanya aja tukang parkirnya, buat ngambil SIM online lewat mana, nanti diarahkan.oh ya, saat akan mengambil sim baru, sim lama dibawa ya, nanti ditukar sama sim baru. sim lama diambil oleh petugas.

Total biaya :

Tes Psikologi online Rp. 57.500 (+ biaya transfer Rp. 6.500)

Medikal Check Up Rp. 50.000

Biaya SIM Rp. 100.000 (+ biaya transfer Rp. 6.500)

Parkir di RS dan di SATPAS @Rp. 2.000

 

dan... taraaaaaa... SIM udah jadi. tanpa harus capek antri, tanpa harus bolak balik ke SATPAS dan tempat tes psikologi. 


Sekian berbagi pengalaman perpanjang SIM kali ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 

MyHistory Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates