Jumat, 28 September 2012

benarkah memang lebih mulia?

Apa sih keistimewaan orang syarif atau keturunan raja??? Bisa jelaskan dengan bahasa dan kalimat serta penjelasan yang bisa masuk di akal saya????
Pertanyaan ini muncul karena percakapan dengan teman saya (akhwat tarbiyah) yang memang keturunan syarif...di depan namanya saja ada syarifah. Sebuah kemuliaan mungkin untuk  sebagian orang menyandang nama tersebut, tapi apakah memang, orang yang menyandang nama syarif (atau yang nama belakangnya pake marga keturunan arab) serta merta menjadi lebih mulia dibandingkan orang biasa seperti saya yang tidak menyandang nama syarif??? Atau apakah dengan menyandang nama atau gelar tersebut, serta merta memberikan garansi surga bagi orang yang menyandangnya?

Saya sempat bertanya dengan teman saya tersebut, apa yang menyebabkan mereka merasa lebih mulia dibandingkan dengan orang lain yang bukan keturunan syarif??? Penjelasannya tidak cukup masuk akal ke saya (atau mungkin karena saya tidak cukup cerdas menangkap maksud dr penjelasannya?). Yang pasti saya tidak bisa menerima penjelasannya.
saya : “’afwan kak, kenapa sih orang syarif/ah merasa lebih mulia dari pada orang biasa?”
Dia menjawab seperti ini (redaksinya tdk. Sama persis...tp ini yg saya ingat)
Dia : “hmmmmm....sebenarnya, kami bukan merasa lebih mulia. Tapi kami memang di muliakan”
....eiit #jlebbb....
Saya: “dimuliakan sama sapa?”.
Dia: “kami tuh tidak merasa mulia, tapi memang pada dasarnya kami dimuliakan...lebih mulia karena keturunan lang sung Nabi Muhammad”
....okay, saya tanya lagi (ini mungkin karena saya belum lulus baca shirah Nabi Muhammad)..
Saya : ”lho, bukannya keturunan langsung Nabi itu berhenti di Fatimah ya?”...
Dia : “iya keturunan langsung karena keturunan Hasan dan Husin, anak2 Fatimah”.
Trus, saya kejar lagi...(jujur, karena belum ngerti)
Saya : “lho....bukannya dalam Islam, anak itu bernasab kepada bapak..bukan kepada ibu. Jadi anak – anaknya Fatimah..bin-nya bukan bin Muhammad, tapi bin Ali bin Abi Thalib”
Dia menjawab : “gini retno...Hasan dan Husin itu pernah diisapkan kelingkingnya sama Nabi Muhammad”
Saya: “????”
Dan dia gak bisa menjelaskan lebih jauh, dian Cuma bilang...”ada tuh kk pernah baca bukunya”
Saya : “boleh pinjem gak? Saya mau baca, biar saya paham”
Dia : “bukunya lagi dipinjem, dan dia lupa judulnya”
Saya : “okay, kalau bukunya udah ada, retno pinjem ya?”
Dia : “iya”
Dan belum dipinjemkan bukunya sampai sekarang.
Sebenarnya saya sudah melupakan masalah itu, sampai belum lama ini saya ketemu sama sebuah blog (maaf gak bisa saya sebutkan blognya), saya gak kenal sih, Cuma karena gak sengaja saja aja membacanya... cewek itu curhat di blognya kalau dia gak bisa nikah dengan pacarnya karena pacarnya bukan keturunan syarif...hmmmmmmmm
Gimana tuh hukumnya...orang tua yang melarang anaknya menikah hanya karena calon suami anaknya bukan keturunan syarif???
Trus apakah mereka (keturunan syarif) memang lebih mulia dari pada orang lain?. Sedangkan banyak juga orang syarif yang hanya bisa membanggakan keturunannya, tapi kelakuannya gak mencerminkan keturunan Nabi Muhammad. (Pacaran, gak nutup aurat, sombong, dll....). bukankah Allah tidak melihat dari nasab, tapi dari seberapa besar dia bertaqwa??
Ada yang bisa menjelaskan lengkap dengan dalil sohih yang bisa membuat saya paham dengan benar???

4 komentar:

  1. dini dari SMP ni kak bertanya2 dengan pertanyaan demikian. dari SD malah. Soalnya punya tetangga keturunan syarif/syarifah juga.. trus yg perempuan nikah dengan lelaki yg bukan syarif, dan bapaknya marah besarrr..

    kayaknye, penggunaan gelar syarif/syarifah ni mirip gelar abang/gusti/dayang di sanggau kali ye kak.. cuman bedanya, kalo orang abang boleh nikah same yg bukan adek *lohh* hihi..

    ikutan nunggu jawaban dengan dalil shohih aahh kalo gitu. kalo dah ade yg jawab cc in ke dini ye kak..

    BalasHapus
  2. belum ada yng ngasih jawaban dengan dalil yang kuat din....masih dengan jawaban katanya

    BalasHapus
  3. Ada kok dahlil nya tentang syarifah atau sayid coba cari udh banyak dahlil kebenaran dan kemuliaa. Syarifah atau sayid

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah mampir. bisa kasih link nya ke saya?

      Hapus

 

MyHistory Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates