Rabu, 19 September 2012

Trip to Kuching

Gara – gara abis baca blog nya tetangga yang nulis tentang jalan – jalannya. Jadi inget kalau saya masih menunda buat tulisan tentang jalan – jalan saya ke Kuching, negeri tetangga yang berbatasan langsung dengan kalbar. Udah cukup telat sih baru nulis tentang perjalanan ini sekarang, secara saya perginya akhir  2011. Tapi berhubung suka lupa, malah nulis note tentang hal lain.
Nah ceritanya gak ada rencana mau menghabiskan malam tahun baruan di negeri tetangga...secara itu tanggal tua ya buuu hehehehe. Eh beberapa hari minggu sebelum malam pergantian tahun dapat telpon dari tante yang tinggal di Sanggau...sebuah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Tebedu (wilayah Malaysia). Nah si tante nawarin mau ikut jalan – jalan ke Kuching gak....jelas dong mau. Soalnya fasilitas dan akomodasi di tanggung tante.....waaaaaahhhh seneng dong. Jadilah di tetapkan saya berangkat ke sanggau dulu baru ntar dari sanggau berangkat ke Kuching.
Jadi tanggal 29 Desember 2011, saya berangkat sendirian ke Sanggau. Si ibu sebenarnya mau ikut, tapi karena beliau belum punya paspor, gak jadi ikut deh (lain kali insyaAllah ya bu). Perjalanan dari pontianak ke sanggau makan waktu 4 – 5 jam pake Taxi. Sampe di sanggau, langsung bebersih diri dan istirahat, nyiapin tenaga buat trip besok hari.
Tanggal 30 Desember 2011....dimulailah trip menuju Kuching, ada 2 mobil yang di pake. Dari Sanggau ke Entikong (perbatasan) makan waktu ± 4 jaman. Nah sampe di Entikong....om langsung cari tempat buat markirin mobil karena bakal ditinggal selama 4 hari (ssssttttt, mobil om gak bisa masuk ke malaysia soalnya pake plat merah :D). Tapi, mobil yang satu bisa. Nah setelah melalu bagian imigrasi (saya baru tahu, kalau kita harus jalan dulu buat cap paspor...ditanya – tanya mau ngapain ke Kuching dan berapa lama)....lucu, kita kayak pengungsi, secara kita emang gak niat backpackeran....saya aja pake koper hehehehe, dan total yang liburan ke Kuching itu ada 14 orang. Setelah paspor di cap, 1 langkah maju dan taaaaaaadddaaaaaaa.....udah nginjak negeri orang (terserah deh di bilang norak). Dan ternyata si om, udah nyarter mobil buat nganterin kita pusing – pusing kota Kuching...yeeeeeeaaaaa, Kuching....i’m coming ^_^.
Ternyata dari perbatasan sampe ke Kuching gak begitu jauh Cuma perlu waktu 2 jam. Nah begitu nginjakkan kaki ke Tebedu, langsung terasa berbeda atmosfirnya (lebay sih kali ini)...tapi, beneran terasa berbeda....perbedaan paling mencolok adalah tentang kondisi jalan dan situasi lingkungan. Kalau yang udah pernah ke perbatasan, tw dong jalan dari kota sanggau ke Entikong gak bisa di bilang ancur banget, tapi susah juga di sebut bagus (artikan sendiri ya). Tapi begitu melangkahkan kaki ke Tebedu....langsung disuguhin dengan jalan raya yang mulus dan gak ada lubang...walaupun sepanjang perjalanan dari Tebedu sampai ke Kuching.....rasanya lempeeeeeng banget. Maksudnya, ngeliat model rumah orang – orang di Malaysia yang modelnya sama semua (asli gak kreatif) hehehehehe. Masih bagus model – model rumah diIndonesia. Asrama tentaranya juga lucu, buat kita di Indonesia yang terbiasa melihat asrama tentara atau polisi itu berbarak -  barak, agak aneh melihat asrama tentara di sana yang mirip rumah susun....tapi suasananya kayaknya seru...sayang nya kita di larang ngambil gambar asramanya, katanya sih buat keamanan.
Setelah sampai di Kuching...kita diantarin ke penginapan....biar pun pergi pake koper, kita cari penginapan yang murah meriah...secara 14 orang. Lagian Cuma tempat buat istirahat doang. Setelah istirahat dan sholat, malamnya di ajak jalan ke mall gede di Kuching (sorry lupa namanya).....langsung cari konter pulsa buat beli kartu digi dan beli paket BB (teteeep ya, biar tetap eksis dan bisa always update status ^_^). Kejadian lucu pas beli kartu, yang jual orang chinese, dan kita gak begitu ngerti sama bahasa melayu walaupun mirip. Jadilah komunikasi pake bahasa inggris seadanya wkwkwkwkwkwkwkwk. Abis itu setelah keluar mall, kita cari makan. Syukurnya yang jadi supir sekaligus guide kita ini muslim juga,..jadi dia nunjukkin tempat makan halal...yang ternyata pelayannya banyak orang Indonesia...kita di sapa dengan ramah dan di tanya2...tempatnya cukup nyaman. Setelah itu kita kembali ke penginapan dan tidur....(ssssst...walaupun penginapan sederhana, tapi ada lift nya walau kecil hehehehe).
Besok paginya.....saya, tante – tante saya dan sepupu2 mau cari sarapan...pas di sebelah penginapan kita ada tempat makan....tante ngajakin makan lasakna dan kopi susu. Dan salah pesan saudara.......lasakna itu rasanya aneh banget dan kopi susu yang kita pesan ternyata yang datang kopi pahit (beda penyebutan kalau di kuching....lupa juga namanya apa hehehehe). Alhasil, abis sarapan... kami kompak ngantri kamar mandi wkwkwkwkwkwk.
Oh ya.....saya ingetin...kalau bisa, kalau niat jalan – jalan itu jangan sama emak – emak ...beneran deh. Soalnya yang ada kita di ajak keliling pasar dan tempat perbelanjaan. Dalam hati bilang “et dah, kalau kayak gini....jalan aja ke sudirman aja, gak perlu jauh – jauh ke Kuching”...tapi ya Cuma bisa pasrah aja ngikut, soalnya gak diizinin untuk berpencar......kita Cuma sempat singgah ke Museum Kuching, yang isinya semua tentang kucing, bahkan ada kuburan kucingnya.
Nah malamnya....malam pergantian tahun....kita ke waterfront city Kuching, dari penginapan ke waterfront city kita mutusin untuk jalan kaki aja.....dan mau tahu suasananya kayak apa....asli kayak pasar malam. Beda jauh dengan pergantian tahun di Indonesia. Pantesan, banyak orang Kuching yang kalau tahun baru dan tahun baru china pasti kabur ke pontianak. Yang paling lucu pas detik – detik pergantian tahun...jadi kita udah siap dengan handycam dan kamera buat ngabadikan momen saat pergantian tahun. Dalam bayangan....pasti bakalan heboh kayak di Indonesia...suara petasan dan kembang api pasti susul menyusul...........ternyata salah pemirsah. Cuma ada 3 kali kembang api dan 2 kali petasan...abis itu udah. Dan kita bengoooooong sebengongnya pemirsah. Lempeng gitu pergantian tahunnya. Kalah jauh kalau dibandingin dengan keriuhan di pontianak. Dan setelah beberapa saat bengong kita semua ketawa ngakak. Ternyata, di Kuching memang di larang. Gak bebas seperti di Indonesia, gak boleh sembarangan pesta kembang api dan petasan. Tapi, kalau mau pergantian tahun barunya tenang, gak heboh dan terganggu dengan suara kembang api dan petasan yang bersahut – sahutan...Kuching bisa jadi alternatif pilihan.
Oh iya, bukan gak cinta sama negeri sendiri ya kalau milih pergantian tahunnya di luar negeri. Tapi karena yang paling dekat dan murah meriah itu Cuma ke Kuching. Heheheheehehehehe.
Naaaaaaaah....itu cerita trip saya. Masih banyak sih....Cuma udah capek ngetik hehehehehe.
Mudah – mudahan suatu saat bisa trip ke Derawan di KalTim....Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar

 

MyHistory Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates