Jumat, 14 September 2012

provinsi ku....

Kalimantan Barat...salah satu provinsi di Indonesia. Ibu kota nya Pontianak, di kota ini lah saya lahir, tumbuh besar dan hidup. Tiba – tiba saja bangun tidur tadi pagi saya pengen buat note tentang provinsi saya ini.
Pulau kalimantan sebenarnya pulau yang cukup unik, kenapa unik??? Karena di pulau ini terdapat 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Yang miris, kalbar seperti terisolasi dari provinsi kalimantan yang lain.jadi di pulau kalimantan, ada 4 provinsi yaitu Kalbar, Kaltim, Kalsel, dan Kalteng. Katanya sih ya...ini baru katanya, saya belum pernah cari info validnya yang wilayah malaysia itu kalau aja gak lepas itu jadi Kalimantan Utara. Tp, sekarang jadi punya malaysia, seringnya sih kita nyebutnya Kuching.
Okay, sekarang saya akan fokus nulis tentang pontianak secara khusus dan kalbar secara umum. Berhubung saya lahir dan besar di pontianak.....sehingga sedikit banyak saya juga merasakan perubahan dari masa ke masa kota saya ini. Dulu waktu saya kecil, saya sempat hidup di Asrama tentara di daerah siantan, di belakang asrama ini langsung ketemu sama sungai kapuas, so, saya jadi anak sungai. Gini – gini, dari kecil saya udah bisa berenang....gara – gara di “paksa” sama 2 abang saya. Nah dulu, air sungai kapuas masih cukup layak lah buat aktifitas MCK, tapi gak buat minum. Trus kondisi jalan rayanya masih cukup bagus, sedikit banget lah jalan yang rusak...paling di beberapa titik tertentu aja yang jalannya rusak. Trus, ruko belum sebanyak sekarang, tanah kosong, rawa untuk menampung air hujan, jadi banjir jarang. Paling yang deket sungai aja yang merasakan banjir.
Tapi kalau sekarang, ampun deh.....jalan pada rusak, hampir di semua titik jalan rusak. Di dalam kota aja deh, hampir gak ada jalan yang mulus..
Jalan A.Yani yang katanya jalan protokol adalah jalan yang paling mulus di ibukota provinsi (walaupun aspalnya gak rata, jadi agak2 bergelombang gitu deh). Mungkin di jalan ini adalah pusat perkantoran, kampus, dan mall.
Jalan Imam bonjol....ancuuuuuuuuuuuuuuur, ni lagi dalam tahap perbaikan. Mudah – mudahan aja permanen dan gak bolong – bolong lagi.
Jalan Tanjungpura tergolong cukup mulus
Jalan Pahlawan agak rusak dan kalau pagi suka macet, soalnya ada pasar flamboyan di situ.
Jalan Gajahmada....gak rata jalannya, berlubang, dan bergelombang (lengkap ya), kalau malam, apalagi malam minggu buanyak banget cafe pinggir jalan di sepanjang jalan ini.
Jl. H.Rais A.Rahman juga berlubang disana – sini,mana macet lagi.
Huuuuuuufffft, kalau ditulis satu/satu nama jalannya, alhasil gak ada jalan yg mulus.
Nah kalau jalan ke luar kota, karena saya punya keluarga di kota sanggau....jadi saya ceritakan kondisi jalan dari pontianak ke kota sanggau. Waktu tempuh normal pontianak-sanggau 4-5 jam. Ada 2 rute yang bisa dilalui untuk sampai ke sanggau. Kalau dulu, melewati kabupaten landak....dulu jalannya gak terlalu bagus, dan ada tikungan seha’ yang berbelok – belok, alhasil kalau orangnya “mabokan” kayak saya....sukses maboknya kalau lewat tikungan ini, soalnya kayak diputar2 hehehhe. Nah kalau sekarang, sudah sangat jarang orang yang melalui rute lewat landak ini (kecuali yang memang mau singgah ke landak). Kebanyakan orang sekarang melalui rute yang baru beberapa tahun ini di buka.....yaitu lewat tayan. Nah dari pontianak ke simpang tayan, jalan mulus naik turun. Setelah sampai di simpang tayan....kalau belok kiri ke tayan, dan kalau belok kanan ke sanggau. Naaaaaaah, disinilah di mulai “pertualangan” seru mendebarkan (aaaaaaak lebay). Maksudnya, dimulai setelah belok ke kanan inilah off road dimulai.....jalan ancuuuuuuuuuuuuur pake banget. Kalau yang lagi hamil apalagi hamil muda atau yang udah deket bulan melahirkan, jangan nekat lewat sini deh....soalnya jalannya parah. Parahnya lagi, jalan rusak ini hampir sepanjang jalan dari simpang tayan sampai ke sanggau. Iiiiiiiiiiiisssssh, padahal itu jalan negara loh.....
Sebenarnya kita bisa nuntut kan ya?? Itu kan hak kita....hak disediakan jalan raya yang bagus. Pajak dibayar terus....tapi kok kayak gitu huuuuuuuufffft....
Hmmmmm...mudah – mudahan ada perubahan. Nantinya jalan raya muluuuuus.....fasilitas umum mudah, aman, dan murah. Aamiin....

0 komentar:

Posting Komentar

 

MyHistory Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates