Kamis, 22 September 2011

Perbedaan kita....


Setiap bulan Ramadhan, kita di Indonesia punya nuansa khas yang tidak akan ditemui di bulan – bulan lain...ya soalnya ini memang adanya di bulan Ramadhan aja, yaitu Sholat Tarawih. Sholat sunnah ini kan emang khusus di bulan Ramadhan, bulan lain gak ada tuh sholat tarawih.
Nah biasanya kalau sholat tarawih tuh ramainya seminggu pertama, semua pada berebutan di hari pertama untuk ikut sholat tarawih. Masjid, mushola, surau penuh semua. Kalau telat dikit datangnya udah pasti kebagian di luar.
Di dekat rumah saya juga terdapat sebuah surau yang kalau sholat tarawih selalu ramai (semingg pertama), ceritanya ini soal perbedaan – perbedaan yang keliatan saat seseorang menjadi imam (sebenarnya perbedaannya sih gak terlalu penting ya, Cuma soal perbedaan apakah ketika imam membaca surah, basmallahnya kedengaran apa gak? Atau soal pemakaian doa qunut). Tetapi ternyata perbedaan ini memicu sedikit bentrok loh. Ada salah satu imam yang kalau pas jadi imam, basmallahnya gak kedengeran, dan si beliau ini sedikit protes ketika pas giliran orang lain yang jadi imam, basmallahnya diucapkan dengan keras. Masyallah....sebenarnya hal itu bisa disikapi dengan bijak toh, sama – sama menghormati pilihan masing – masing, yang penting tidak menyimpang. Sesuatu yang furu’(cabang) diperdebatkan habis – habisan, padahal dua – duanya punya dalil masing – masing untuk melakukan hal tersebut.
Anehnya yang wajib tapi tidak pernah dilakukan gak pernah diperdebatkan, contohnya Jilbab buat muslimah, itu kan wajib ya?? Tercantum pula dalam Al-Qur’an. Tapi gak pernah tuh di bahas secara detail. Gak pernah tuh jadi perdebatan apakah seorang wanita itu menggunakan jilbab atau tidak, padahal jilbab itu wjib buat perempuan. Dan mereka yang biasanya bertugas sebagai imam insyallah pasti paham bener tuh soal itu. Soal jilbab itu kan bukan furu’ kan?? gak seperti pengucapan basmallah keras2 saat sholat atau pengucapan basmallah dalam hati. Atau soal baca doa qunut sehabis sholat subuh.

0 komentar:

Posting Komentar

 

MyHistory Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates