Kamis, 29 Maret 2012

S.P.B.U.

Kalian – kalian yang pake kendaraan bermotor, baik itu motor ataupun mobil pasti pernah ke SPBU kan?? tempat kendaraan – kendaraan mengisi bahan bakarnya, baik bensin, solar ataupun pertamax. Tapi saya bukan ingin menulis tentang (katanya) kenaikan BBM, males mau bahasnya...Cuma buat sakit kepala dan sakit hati sama pemerintah. Kita udah demo sampai nangis2 darah (agak lebay.com) pun, mereka tetap cuek aja. Bukannya milih gaji mereka dan tunjangan mereka aja yg dipotong buat penghematan, eh malah ngorbanin rakyat..*halaaah jd bahas bbm juga*.
Okay kembali ke SPBU tadi, yang pengen saya tulis adalah tentang tanda – tanda larangan yang ada di setiap SPBU. Kalau kalian perhatikan, di setiap SPBU pasti ada gambar ini di bawah ini:











Ya, kalau semuanya jeli, pasti deh liat tanda – tanda di atas yg di tempel di dinding. Okay, kita bahas satu persatu arti tanda – tanda tersebut.
1.       Gambar dilarang memotret : ya...ini relatif jarang sih di langgar ma orang....jadi lebih sering dipatuhi. Soalnya jarang orang – orang narsisan di SPBU.
2.      Gambar dilarang menyalakan api : ini juga (hampir) gak pernah dilakuin orang waras. *ya iyalah, ape cerita di SPBU nyalain api. Bisa – bisa gosong semua*.
3.       Gambar dilarang merokok : ini juga (hampir) gak ada yang berani melanggar.
4.      Gambar dilarang menelpon : Nah ini dia peraturan yang paling sering dilanggar sama orang – orang (mudah – mudahan gak termasuk kamu).
Okay kita bahas tentang gambar no 4. Pengalaman, saya pernah ngomel  sama ibu – ibu, mbak – mbak, mas – mas, dan petugas SPBU nya gara – gara hal ini.
Jadi beberapa kali ketika saya sedang antri untuk mengisi bensin ada orang yang dengan santainya menelpon...yang pertama, gak pake basa – basi walaupun tetap dengan sopan *sambil nahan jengkel*..saya bilang “maaf  bu, gak boleh nelpon...tuh ada tanda larangannya.” Sukses!!! langsung dimatiin tuh telponnya sama si ibu *diliatin orang – orang...pasang muka cuek*. Kali ke dua saya temukan mb – mb yang asyik cekakak – cekikik di telpon DI SPBU...lagi – lagi gak pake basa – basi langsung saya tegur, sukses juga langsung dimatiin ponselnya *masa pintar deh kalau dlm hatinya ngomel – ngomel. Yg penting ikhtiar nyelamatin nyawa dulu*. Kali ke tiga seperti itu lagi, kali ini yang nelpon mas – mas, gak pake basa – basi saya tegur lagi *dengan muka saya yg katanya temen – temen jutek :D*.
Nah kejadian kali ke 4 nih yang buat saya jengkel kuadrat, dongkol pangkat sejuta, kesal ampun – ampunan. Gara – garanya kali ini saya liat seorang bapak pas tanki motor nya diisi bensin dengan santainya tetap nerusin telponnya, dan ini *yang menurut saya* perbuatan paling B.E.G.O. sejagat raya, si petugas pengisian bensin dengan sangat nyantainya ngebiarin hal itu, gak di tegur malah di kasih senyum...gak ngerti deh sapa yang paling B.E.G.O. di antara mereka *keluar asap dari ubun – ubun*. Kali ini dengan sangat menyesal saya gak bisa negur langsung, soalnya posisi antrian saya yang cukup jauh dari mereka *dalam hati langsung berdo’a minta perlindungan sama Allah*, lagian kalau saya teriak – teriak bisa ribut di situ *hela nafas berat*. Jadilah saya Cuma bisa bersabar sampai saya dapat giliran buat ngasi minum si Knight *nama motor saya :D*. Pas udah giliran saya, langsung deh gak pake basa – basi saya tegur petugasnya “kok dibiarin sih tadi lagi ngisi bensin sambil nelpon???” *nahan jengkel*.....dan anda tahu sodara – sodara apa jawaban si petugas itu, dengan sangat nyantainya tuh si petugas geblek jawab gini “kalau mau komplain di dalam jak mb...”. ya Allah, saya langsung istighfar dalam hati dengar jawaban santai itu. Sambil nahan marah saya jawab “ini bukan masalah komplain sama atasan di dalam, yang tugas kan kamu. Disitu kan ada tanda larangan menggunakan hp. Dilanggar kok kamunya diam?. Mending kalau meledak yang kena Cuma kamu sama bapak itu aja, kalau sampai meledak, yang kena semua yang ngantri disini. Jadi petugas SPBU kok B.E.G.O. *asli deh langsung keluar aja kata – kata itu*. Diliatian ama banyak orang saudara – saudara *dan saya tetap cuek dengan wajah nahan marah*. sayangnya Karena saya udah telat ke kantor, akhirnya saya pergi.
Sampai di kantor langsung deh saya sms ke no yang tertera untuk mengajukan komplain. Saya gak komplain soal pelayanannya, karena saya akui petugasnya ramah – ramah. Tapi saya kecewa dengan petugas pengisian yang membiarkan orang ngisi bensin sambil nelpon padahal jelas – jelas udah ada tanda dilarang menelpon di SPBU. Peraturan itu di buat karena hal itu membahayakan *ini orang pertaminanya sendiri lho yang ngasih tahu*.
So, note ini bukan bermaksud menggurui....Cuma sama mengingatkan. Kalau lagi ngisi bensin (bahkan ketika ngisi di eceran sekalipun) jangan lakukan panggilan keluar atau menerima telpon atau baca sms, sangat membahayakan jiwa. Kalau ada yang nelpon, biarkan saja atau reject dulu, nanti setelah ngisi bensin dan setelah agak jauh jaraknya, baru telpon balik. Kalau ada sms biarin aja dulu.
Mari kita mulai dari kita sendiri, mulai dari hari ini untuk mentaati peraturan yang ada. INGAT!!!!! Peraturan dibuat untuk DITAATI bukan dilanggar.

5 komentar:

  1. Tuh kan, jadi teringat tulisan dini yang tentang Melanggar Peraturan deh ihihihi :p

    BalasHapus
  2. yg mane din?? kk dah bace blm ye??hehehe

    BalasHapus
  3. jangankan masyarakat, kadang tukang spbu nye jak nyantai maen hp...kalo dah meledak baru tesadar die

    BalasHapus
  4. karena aturan dibuat untuk dilanggar! :mad

    BalasHapus

 

MyHistory Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates