Senin, 19 November 2018

Alasan Belajar Bahasa Korea


Naaaaah, akhirnya setelah sekian purnama, akhirnya blog ini terisi kembali :D. sebenarnya, seperti yang sudah pernah saya sampaikan, bahwa seringkali ide itu muncul di kepala. Tapi, setelah di depan laptop, kemudian mulai mengetik, sampai beberapa baris kalimat, eh stag. Tiba – tiba blank mau ngetik apa. Mudah – mudahan kali ini bisa sukses dan gak tiba – tiba hilang ide di tengah – tengah ngetik.
Jadi, kali ini saya ingin ngasih tahu alasan saya belajar bahasa Korea. ini dia, alasan pertama saya belajar bahasa Korea adalah karena saya pengen nonton drama korea gak pake subtitle. Pertama banget sebelum mulai les, alasan saya belajar bahasa Korea ya itu, receh banget kan?.  Pokoknya saya pengen, pas nonton drakor atau variety show saya gak sibuk lagi nyari subtitlenya yg kadang – kadang lama banget keluarnya. Dan yang membuat tertarik belajar adalah karena lesnya GRATIS dan diajar sama orang korea langsung. Serius…ini gak bohong. Jadi saya les tuh Gratis, dan gurunya orang Korea asli.

Kok bisa gratis? Karena ini program kerjasama antara Pusat Science dan Bahasa Diknas Kota Pontianak bersama Koica (Korea Internasional Cooperation Agency). Kamu bisa baca tentang Koica di sini. Jadi Koica tuh punya relawan – relawan yang bersedia jadi volunteer  di Indonesia, buat ngajarin Bahasa Korea dan budayanya.
Saya mulai belajar bahasa Korea dari bulan Januari 2016. Guru pertama saya namanya Mr. Edward, sesungguhnya saya lupa nama Koreanya siapa. Karena beliau memperkenalkan dirinya kepada kami lebih sering dengan nama Edward. Jadi, dari Januari 2016 sampai sekitar April 2018, beliau adalah guru Bahasa Korea saya. Gimana rasanya diajar sama Native Speaker orang Korea asli ? ……. Binguuuuuung hahahahahahaa. Kami blas gak tahu Bahasa Korea sama sekali saat itu, dan Seonsaengnim (guru) sangat tidak lancar berbahasa Indonesia kecuali beberapa patah kata. Jadilah, seringnya saya bengong dengar Seonsaengnim ngomong hahahahahahaha. 2 tahunan les, dengan durasi +/- 3 jam/pekan (2x pertemuan tiap pekan), amat sangat sedikit perbendaharaan kata Hangeul yang saya kuasai. Jadi saya amat sangat tergantung dengan Naver dictionary. Itupun, biar translatenye mendekati asli, lebih pas kalau dari English ke Korea dibanding Indonesia ke Korea. Jadi saya kayak sekalian belajar bahasa inggris juga hahaha. Oh iya, FYI, Mr. Edward ini waktu di Korea adalah Dosen Bahasa Korea di sebuah institusi, yg pada akhirnya beliau memutuskan  megundurkan diri dan memilih menjadi volunteer . istrinya guru SD yg sedang mengejar gelar DOKTOR di Korea sana . dan emang, materinya rada berat, ditambah beliau tidak fasih bahasa Indonesia.
Setelah Mr. Edward pulang ke Korea bulan Mei 2018. Datanglah pengganti beliau. Kali ini seorang perempuan muda, yang sejak awal ngeliatnya, saya langsung ngebatin “helaaaaah, ini seonsaengnimnya cantik banget”. Dan muka asli tanpa oplas, namanya Lee Hye Ji (Bacanya i hye ji. Tulisan dalam Hangeul 이혜지). Dan sejujurnya, agak sedikit lebih mudah belajar dengan Seonsaengnim yang sekarang, karena beliau lebih fasih Bahasa Indonesia dan Englishnya.
Aaaaah…intermezonya panjang banget ya. Jadi itu alasan pertama saya belajar Bahasa Korea. Trus dengan berjalannya waku, berinteraksi dengan guru yg orang Korea asli. Alasan saya bertambah(Alasan Kedua, dan Niat utama saya jadi berubah). Saya harus bisa nyelesaikan les korea hingga fasih demi dakwah. Saya niat banget dakwahin mereka. soalnya guru korea saya (Mr. Edward) cukup bertanya – Tanya kenapa saya harus sholat di waktu – waktu tertentu, kenapa saya gak makan Bab*, kenapa saya gak nyentuh alkohol dan sebagainya. siapa tahu saya bisa menjelaskan tentang Islam dengan menggunakan bahasa yang mereka pahami.
Nah Jadi itu 2 alasan kenapa saya belajar Bahasa Korea. Banyak ide sih nanti kalau dah lancar, mau buat apa, dan gimana cara dakwahnya. Tapi, ntar ditulis kalau udah dilakuin ya hehehehehe.
Yaaaaa… segitu dululah isi blog kali ini ya. Sampai ketemu ditulisan selanjutnya :D

0 komentar:

Posting Komentar

 

MyHistory Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates