Sabtu, 22 Agustus 2020

Trip Riam Bogok Anjongan

Haaaaai… semuanya, apa kabar? Gimana kondisi jiwa setelah +/- 6 bulan harus di rumah saja? Atau kalaupun keluar sekarang, hal yang wajib dipakai adalah masker? semoga semuanya sehat2 ya, tetap disiplin pake masker.

Setelah sekian lama blog ini dianggurin, akhirnya kali ini bisa meluangkan buah pikiran ke dalam tulisan, soalnya selama ini, topik apa yang mau ditulis berseliweran di otak, tapi gak pernah sampai selesai nulisnya…. Yang paling sering jadi alasan adalah tiba2 stag di tengah jalan. Mau dipaksa, tapi jadinya gak nyambung

Ceritanya bermula dari saya cerita ke orang tua saya soal teman2 saya yang ke Paloh (Sambas, ini kurleb 13 jam) pake motor. Saya gak diajakin soalnya teman2 tahu saya susah dapat izin ke luar kota kalau pake motor, dan sengaja gak dikasih tahu biar saya gak iri, walaupun pada akhirnya saya tau juga :D. Dan pas lagi cerita2 gitu, isenglah nanya ke ortu “ntar kalau teman2 pergi lagi pake motor, adek ikut ya pak?”. Eeeeeeh jawabannya tidak terduga, bapak ngejawab “pergilah.. tapi, service dulu motornya, ganti oli”. eh saya sempat ngira salah denger, jadi nanya ulang dan jawabannya tetap boleh. Yihaaaaaaa… gak perlu pake lama langsung ngomong ke teman “eh mbak tiba2 diizinin nih pergi pake motor, kuy mau kemana, mumpung libur”. Pas banget, long weekend, dari hari kamis libur, hari jum’at cuti Bersama, dan kita emang lebih suka ke tempat yg sepi, biar bisa buka masker gitu. Kan engap juga ya pake masker terus. Dan pas ngomong gitu hari kamis pagi…. Serta merta teman2 lalu hunting tempat wisata yg cukup bagus di kalbar. Pas hunting ketemulah ama Riam (air terjun) ini. Tempatnya juga gak jauh, “Cuma” di anjungan.

Berhubung kalau ditunda2 khawatirnya izin malah dicabut lagi, lalulah mendadak rencana pergi hari jum’atnya. Mau pergi hari sabtu, banyak yang gak bisa. Karena kita cewek2 dan gak ngaruh juga kalau pergi hari jum’at (kan kita gak perlu sholat jum’at), maka kita putuskan pergi hari jum’at. Dan ternyata ini keputusan yang sungguh tepat. Orang desa bilang, orang2 banyak ke air terjun itu hari Sabtu atau Minggu.

Teman yang ngusulin tempat, kita minta buat nanya2 ke orang yang udah tahu, buat cari info tentang keamanan, jarak tempuh dan medannya gimana. Intinya setelah dapat info baru mutusin sip ke tempat itu.

Jadi, Riam Bogok ini adanya di Desa Dema, Kecamatan Anjongan, Kabupaten Mempawah.

Hari jum’at, rencananya kita berangkat jam 06.30, tapi pada kenyataannya kita baru berangkat jam 07.20, biasalah kalau cewek :D. alhamdulillah perjalanan lancar. Kita sampai di Desa Dema jam 09.00 pagi, ini setelah bertanya dengan orang kampung, desa Dema dimana. Setelah sampai di desa Demapun, kita beberapa kali bertanya di mana air terjunnya, ternyata gak bisa pake motor untuk sampai air terjunnya, jadi, motor kita titipkan di halaman rumah warga…. Dan yaaaaaaaaaak…. Ada anak babi hutan doooong (tapi syukurnya cukup jauh jaraknya X_X). dari info yg di dapat, butuh sekitar 20 menit berjalan dari Desa Dema ke Riamnya. Okay, kita udah siap nih harus jalan 20 menitan. Dengan kepedean yg tinggi saat itu :D

Dan, dari kita ber-6 yang pergi gak ada satupun yang pernah ke sana, dan kita gak tau jalan, asli nekad sih ini. Tapi, ya gak nekad yang tanpa perhitungan juga sih, soalnya kita udah nanya2 ke orang yang pernah ke sana, bahwa treknya aman buat cewek. Dan emang aman sih, insyaAllah. Dalam artian, jalan menuju ke Riamnya ini bukan jalan baru, tapi jalan yang sering dilalui  oleh orang kampung… banyak ladang dan kebun orang.

Jadi emang bukan tempat yang gak pernah dijamah orang.

Satu kesalahan kami adalah, karena kami perginya dadakan…. Trip dibicarakan hari kamis, jum’at langsung berangkat. Gak ada persiapan fisik dulu, mana kami semua, kerjaannya banyak duduk ngadap laptop hahaha. Gak ada tuh cerita kudu Latihan fisik dulu, paling gak biasain jalan 10 – 15 menitan tiap hari hahahahaha.

Naaaaaah…. Kamikan berpatokannya, lama perjalanan “Cuma” 20 menit jalan kaki. Ternyataaaaaaaa…. Bukan 20 menit gaes, tapi 60 menit alias 1 jam. Ini mungkin karena kami gak tau rute perjalanan yang Cuma 20 menit (inilah karena modal nekad :D). pas awal teman yang nyari info bilang kita harus jalan kaki 20-30 menit buat sampai ke air terjunnya… kita dengan pedenya bilang “gak papalah ya jalan kaki 30 menit, insyaAllah kuat”. Dan bayangannya jalannya gak nanjak2 amat …. Pada kenyataannya tidak seperti itu.

Awalnya pas kami nanya sama orang desa, mereka bilang ikutin jalan saja, tapi mereka gak tau tempat pastinya, karena juga belum pernah ke sana. Kita Cuma pandang2an sambil tetap yakin  bahwa kita bisa. Perjalanan di mulai, sempat bingung karena banyak simpang jalan. Jadi banyak jalan yg dibuat sama orang desa untuk ke ladang mereka di hutan. Nah, pas di sebuah simpang (yang kesekian), pas kita bingung, ada bapak2 pake motor yang nanya dengan logat Dayak (eh ini seriusan, bapaknya pake motor honda lama…dan kerenlah bisa pake motor di jalan yg kayak gitu, jangan coba2 ya, apalagi kalau pake motor matic, jangan nekad!)

B (si Bapak) : Kalian mau kemana?

K (kami) : mau ke air terjun, pak

B : tau jalannya?

K : (dengan polosnya) gak tau pak… baru sekali ke sini

(asli ini, setelah perjalanan pulang, baru ngeh, kenapa kita dengan polosnya jawab gak tau)

B : kalian dari mana?

K : dari Pontianak, Pak

B : ayo saya antar, banyak simpang di sini, nanti salah belok

(trus bapak itu pergi pake motornya)

Kita sempat ketawa sih, lucu gitu… si bapak pake motor trus mau nunjukkin jalan ke kita, udah duluan aja gitu. Kita sempat ngira bercanda… oh ternyata, si bapak nungguin kita di setiap persimpangan. Hebat loh itu bapaknya, bisa pake motor di jalan yg udah sempit, bebatuan dan nanjak.

Jangan tanya kondisi kita gimana, udah hampor nyerah soalnya seluruh tubuh dan terutama detak jantung udah gedebak gedebuk…. Asli terkejut ini seluruh tubuh karena jalannya jauh. Sampai akhirnya si bapak udah gak bisa ngelanjutin pake motor, jadi motornya diparkir gitu aja di hutan, ya siapa juga yang mau ambil di hutan, gak ada orang. Trus si bapak beneran mandu jalan. Dan jalannya, subhanallah, nanjak. Kita udah ngos2an parah…. Saya di belakang bapak itu dan di depan teman2, sepanjang jalan saya nanya2 ke bapak itu, dan bapak itu bilang riam (air terjun) bogok bukan tempat yang belum didatangi. Udah sering orang2 datang, bahkan ada yang pake sepeda.

Pas sampai di ladang padi orang kampung, si bapak nanya mau lewat jalur kanan atau nyusur sungai? Kita pandang2an sambil liat, bahwa kalau ambil jalur kanan, itu tempat agak terbuka (Kalbar panasnya Pooool sodara2) dan jalannya nanjak… dengan tubuh yang udah menjerit minta berhenti… rasanya kita gak akan sanggup kalau lewat jalan yang nanjak lagi. Akhirnya kita mutusin, nyusur sungai aja. Sungai di sini maksudnya aliran air batu ya… sebenarnya ya rada nanjak juga sih lewat air batu ini, tapi karena tempatnya rimbun, trus kita ngeliat air jernih yang mengalir, jadinya kayak ada tambahan semangat gitu. Berkali2 kita nanya ke bapak itu masih jauh atau gak, dan bapak itu selalu jawab udah dekat…. Dan kita semua paham bahwa, dekatnya orang kampung itu bisa jadi jauuuuh untuk ukuran orang kota.

Kita sempat hampir menyerah, karena tubuh bener2 udah gak kuat… akhirnya saya terpaksa teriak sama si bapak, karena bapak itu jalannya laju, sedangkan kita udah rada2 goyang kelelahan (hahahahahaha) “paaaaak, berhenti dulu pak. Kita istirahat dulu, udah gak sanggup”… akhirnya kita duduk di atas batu besar, ngelurusin kaki, ngelepasin tas2 yang cukup berat. Pundak langsung terasa lega, nafas juga mulai beraturan. Setelah 10 menitan istirahat, kita mutusin untuk lanjut, ternyata 200m-an udah sampai di air terjunnya…. Langsung semua rasa lelah… hilaaaaaaaang. Anak kota ngeliat air terjun dan air jernih langsung heboh hahahaahaha. Jadi perjalanan yang tadinya kita kira Cuma 20 menit, ternyata 60 menit, yeeeeaaaaaa, we did it. Kita sampai di desa Dema jam 09.00, trus jalan kaki, dan akhirnya sampai ke air terjun, pas jam 10.00. si bapak nemenin kita sampai jam 11.00, karena kita2 masih asyik main air dan poto2… akhirnya si bapak mutusin untuk turun dulu, berkali2 nanya ke kita, apakah kita yakin bisa turun sendiri. Dan kita jawab insyaAllah kita bisa turun sendiri. insyaAllah…. Sebenarnya berkali2 bilang insyaAllah untuk ngeyakinin diri sendiri kalau kita bisa turun sendiri, dan insyaAllah kita ingat jalannya.

Setelah bapak itu turun… air terjun itu benar2 serasa milik sendiri. Cuma ada kita ber-6 di situ. Daaaaaan, kita liat kayaknya baru saja ada orang yg ke air terjun itu, mungkin hari kamisnya. Dan sepertinya orang yang kurang bertanggung jawab, karena ninggalin sampah.

Pleeeeassseeee… buat kamu2 yang datang ke daerah wisata, kemanapun… ke pantai, ke air terjun, ke bioskop (sekarang belum bisa sih emang), atau kemana aja…. Itu sampahmu tanggung jawabmu, JANGAN TINGGALKAN SAMPAH. Dibawa turun, dan buanglah ke tempat sampah. Bantu jaga lingkungan tuh buat kamu keren tau!

Setelah puas maen air, poto2, makan dan sholat… jam 13.00 kami memutuskan untuk turun. Sempat rada bingung Ketika ketemu simpang, tapi, alhamdulillah akhirnya kami bisa Kembali ke kampung dengan selamat.

Seru sih ini.. beneran… tapi emang tempatnya tidak direkomendasikan untuk rekreasi keluarga…soalnya jauuuh jalan kakinya. Atau mungkin ada rute lain yang kita gak tau, bolehkan komen di sini

Sekian tulisan saya…. Ntar kalau pergi lagi bakal nulis lagi. Ketagihan saya nih ….. seruuuuu.

Terima kasih teman2 yang udah ngenalin ini.

photo2 bisa kamu liat di bawah ya.

 

 Jalan menuju Desa Dema, jalannya bagus kok, cuma dikit aja yg bebatuan (abaikan orang yg pas lewat itu ya :D) 



  
eksiden, sol sepatu lepas, syukurnya pas jalan pulang... saya ninggalin sepatu di Anjongan. tapi bukan sepatu kaca. jadi gak mungkin tiba2 pangeran datang bawa sebelahnya (apa sih captionnya hahahaha)

jalan menuju ke air terjun. tapi ini masih jauuuuh dari air terjun

kita manjat ke air terjun

air terjun yg jatuh kena punggung tuh enak loh, serasa dipijit

kita ngelewatin kebun singkong warga... daun singkongnya menggiurkan

Sholat di atas batu.. ini harus naik lagi buat dapatin tempat yg cukup datar untuk sholat.. di belakangnya udah air mengalir lagi. seruuuu, sholat di tengah hutan, dengan suara air mengalir. Tafakur Alam





Jalan nanjak menuuju air terjun


bapak ini yang mandu kita, awalnya pake motor, abis itu jalan di depan kita, sambil nebasin rumput2 yg cukup tinggi. makasih ya pak
ini pada baru selesai sholat, baru turun dari atas, tempat sholat tadi. dan saya lagi ngemil cokelat


ini susur sungai berbatu buat nyampai ke air terjun

 



kamu bisa tonton videonya di sini 


 

0 komentar:

Posting Komentar

 

MyHistory Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates