Senin, 22 Juli 2019

SIM C


Saya ingin berbagi pengalaman saya ketika membuat SIM C. kamu – kamu yang kemana – mana memakai kendaraan bermotor, wajib punya ini ya. Jangan disepelekan. Buatnya gak ribet kok.
(fyi, saya bukan baru sekali ini buat, tapi ini karena keteledoran saya lupa perpanjang masa berlaku SIM, jadi lah harus buat baru lagi) .

Nah… yang harus kamu persiapkan dalam membuat SIM C adalah :

1.   KTP Asli
          2.  FC KTP 2 Lembar
     3.  SKD (Surat Keterangan Dokter)
Syarat membuat SKD : FC KTP 2 lembar, dan pas Foto 3x4 sebanyak 2 lembar. Bisa dapat dari puskesmas.

Setelah syarat di atas sudah siap, sebaiknya kamu registrasi online terlebih dahulu, kamu bisa intip di sini. Registrasi online  membuat kamu tidak perlu terlama antri saat pergi ke SATPAS (Satuan Penyelenggara Administrasi), sudah ada 45 SATPAS di seluruh Indonesia. Beruntungnya Pontianak salah satunya. Oh iya, ketika kamu registrasi online, dan domisili kamu di Pontianak, ntar milihnya POLRESTA ya jangan Polres, karena kalau POLRES itu adanya di Mempawah.
form registrasi online

Kalau sudah selesai registrasi online, kamu bisa mendownload filenya lalu kamu print dan nantinya ditunjukkan ketika mendaftar di SATPAS. Di registrasi online kamu bebas menentukan tanggal berapa kamu mau datang ke SATPAS. Kalau di Pontianak dan kalau kamu perempuan, sebaiknya dan memang lebih nyaman datang di hari Jum’at. Karena setiap Jum’at, pelayanan Cuma diperuntukkan buat perempuan saja (saya gak tau apakah di tempat lain, peraturan ini berlaku), setahu saya perpanjang SIM di SIM Keliling juga seperti ini.

Nah setelah urusan pendaftaran selesai, kamu akan disuruh masuk ke dalam Loket 2, buat rekam sidik jari dan dipoto (dan masih jadi misteri, kenapa poto di SIM dan di passport gak pernah bagus {lah emang poto mu pernah bagus nok?} :D).  Selesai rekam sidik jari dan dipoto, kamu akan langsung disuruh ke Loket 3, tempat ujian teori. Sekarang ujian teorinya sudah menggunakan komputer. Jadi kalau kamu belum terbiasa menggunakan komputer, bisa ke warnet dan latihan megang mouse. (eh ini saya serius ya, gak lagi becanda. Karena kalau kamu udah gugup duluan karena gak pernah megang komputer, itu berpengaruh sama konsentrasi kamu saat mengerjakan tes teori. Karena kalimat pada pertanyaan – pertanyaan di tes teori emang buat bingung)

Setahu saya, kamu dinyatakan lulus tes teori, kalau nilai kamu 70 ke atas. Kurang dari itu, maka kamu dinyatakan tidak lulus, tapi tenang saja, kamu masih bisa mengulang pekan depan. Sebelum tes teori, kamu bisa belajar dari video – video yang beredar di youtube. Salah satunya saya sertakan di sini. Isi soalnya kurang lebih seperti itu.. 

Jika kamu lulus, maka kamu akan di arahkan ke tempat tes praktik. Ada 4 macam tes praktik, yang sebenarnya gampang banget kalau tau triknya . trik nya adalah JANGAN GUGUP dan GUNAKAN MOTOR SENDIRI. Beneran, ini sangat membantu . 4 macam tes praktik yang akan kamu hadapi adalah :

      Angka 8 yaitu kamu diharuskan mengendarai motor dan muter seperti angka 8, ini sebanyak 3x putaran, dan tidak diperbolehkan turun kaki 1 x pun. Kalau selama memutari angka 8 itu, kaki kamu turun dan menyentuh tanah, maka kamu dinyatakan gagal, dan harus mengulang kembali pekan depan. Sebagai gambarannya, kamu bisa liat poto di bawah ini.

cuma ini yang kepikiran buat dipoto
        Trek lurus, (sssssstt, jangan sepelekan trek ini), jadi dari garis start… mengendarai motor perlahan – lahan, kemudian sedikit laju, lalu perlahan, kemudian stop. Kamu dinyatakan berhasil kalau posisi kamu berhenti kurang lebih 30cm dari tiang terakhir. jadi tidak melewati tiang terakhir, tapi juga tidak berhenti sebelum tiang terakhir(rada susah jelasinnya, karena lupa saya poto),  dan kaki yang turun saat berhenti harus kaki kiri, dan kemudian sedikit menoleh ke kanan. Ini susah – susah gampang, dan banyak yang menyepelekan trek ini, karena Cuma lurus saja, padahal ada hal kecil yang kalau diabaikan membuat kamu jadi gagal. Dan harus mengulang pekan depannya.

       Zigzag yaitu kamu mengendarai motor dengan zigzag, dan selama melewati rintangan zigzag ini, kaki juga tidak boleh turun sebelum berhenti di belakang garis stop. Karena kalau kamu menurunkan kaki atau berhenti melewati garis stop, maka kamu gagal dan harus mengulang pekan depan.

Yang terakhir adalah “U turn”, jadi di trek ini kamu harus mengendarai motor membentuk huruf U tanpa boleh menurunkan kaki dan tanpa menabrak tiang penanda. Ini bayangkan kalau kamu lagi berkendara di jalan satu jalur, lalu kamu ingin berputar arah. kurang lebih seperti itu. 

Nah itu dia 4 tes praktik yang harus kamu lalui. Kalau semua sudah kamu lalui dengan sukses, kamu tinggal melakukan pembayaran. Alhamdulillahnya, biaya pembuatan SIM ini cukup terjangkau,yaitu Rp. 100.000,-, tanpa ada pungutan yang lain. Kalau perpanjang malah lebih murah, Cuma Rp. 75.000,-. Murah banget kan? Karena kita Cuma ngeluarkan 100k untuk 5 tahun.

Setelah membayar di loket pembayaran, kamu akan diarahkan menuju loket terakhir. Kamu tinggal serahkan bukti kalau kamu sudah lulus ujian praktik dan bukti pembayaran, dan tadaaaaaa SIM C pun jadi. 
bukti kalau udah lulus tes praktik dan udah bayar

Jadi sebenarnya kamu – kamu gak punya alasan untuk tidak membuat SIM ini, kecuali 1 alasan yaitu MALAS. Karena sejatinya membuat SIM C ini gak ribet, mudah, dan murah.
Pelayanan di SATPAS nya juga cukup baik. walau memang harus cukup sabar untuk mengantri.

PENEGASAN : stop pake calo’ untuk bikin SIM. Percaya sama diri kamu sendiri, dan buktikan bahwa kamu memang layak punya SIM. Persiapkan diri ketika akan tes. Karena berkendara di Jalan Raya ini, bukan hanya tentang keselamatan diri sendiri, tapi juga tentang keselamatan sesama pemakai jalan .

Sekian cerita berbagi pengalaman tentang pembuatan SIM C. semoga bermanfaat.

Buat yang baca atau yg tak sengaja terdampar di blog ini, dan ingin bertanya, dipersilahkan ya. Atau mau nanya lewat akun socmed saya juga boleh

IG : @enoningsih , FB : @Tri Retno Hartiningsih, atau Twitter : @TretnoH (eaaaaa, promosi akun) ­^_^.

yipppiiieee... SIM C dah baru
Sampai jumpa di Tulisan saya yang lain ya. Terima kasih sudah membaca



0 komentar:

Posting Komentar

 

MyHistory Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates