Senin, 12 Februari 2018

Ntah judulnya apa


Jadi ini cerita kemaren ‘liburan’ dadakan ke sanggau, Karena niatnya mau jemput ibu yang udah semingguan di sana.
Berangkat dari Pontianak hari jum’at pagi, pukul 07.00 wib, Alhamdulillah sampai di sanggau tanpa halangan pukul 11.00 wib (lewat dikit sih, tapi lupa berapa menit). Selama 3 hari (dr Jum’at siang – sampai minggu siang jam 11.00) Alhamdulillah semua lancer. Jalan – jalan ke Pancur Aji yang jalannya subhanallah (sempit, berkelok – kelok dan turun naik), alhamdulillahnya lancar. Sampai silaturahim ke rumah teman ibu yang jalannya juga tanjakan, masih aman terkendali.
Masalah hadir ketika akan melanjutkan perjalanan setelah berhenti Sholat Dzuhur dan makan siang di daerah Senyabang, beberapa kilometer sebelum Batang Tarang. Setelah beberapa ratus meter, Mobil (yang kami sewa) tiba – tiba gak bisa jalan. Bisa nyala, tapi gigi 1  pun gak bisa jalan. Syukurnya ketika mobil benar – benar berhenti gak bisa jalan lagi, pas di depan rumah penduduk yang halamannya (tanpa pagar) cukup luas. Jadilah saya dan 2 ponakan ngedorong mobil masuk ke halaman, karena gak mungkin dibiarkan di pinggir jalan…mengingat jalan tersebut dilalui sama mobil – mobil yang ngebut.
Syukurnya lagi, daerah di tempat kami (terpaksa) berhenti ada sinyal hp. Paling tidak bisa untuk menghubungi keluarga, mengabarkan keadaan. Awalnya bapak saya menghubungi abang saya di Pontianak, tapi abang bilang, jauh lagi kalau abang yang harus nyusul ke tempat kami (karena makan waktu +/- 3,5 Jam), sedangkan abang saya Subuh senin sudah harus balik lagi ke Tayan (karena kerjaan). Jadi lah akhirnya abang saya sibuk menghubungi keluarga di sanggau, karena jarak yang cukup dekat dari sanggau (+/- 1,5 – 2 jam dari sanggau ke tempat mobil kami berhenti mendadak). Bapak dan ibu saya juga sibuk nelpon sana – sini. Ngehubungin orang bengkel di Batang Tarang yang sempat PHP, kita mikir dia bisa bantu, ternyata gak bisa (mana gak ngomong – ngomong). Jadi ketika menunggu, ngobrol – ngobrol sama ibu dan bapak… dan sepanjang ngobrol, yang terucap dari bibir kita adalah rasa Syukur.
Syukur  kejadiannya pas di jalan yang rata, gak pas naik atau turun.
Syukur mobil ketika berhenti mendadak, berhentinya di depan rumah penduduk. Jadi alhamdulillah bukan di tepi hutan.
Syukurnya  pas kemarennya kami ke pancur aji yang jalannya ekstrem, mobilnya baik2 saja.
Syukurnya  pas silaturahim ke rumah teman ibu yang jalannya tanjakan tajam, mobil juga gak apa – apa.
Syukurnya lagi tempat kami dipaksa berhenti karena mobil gak bisa jalan  masih bisa nangkap sinyal hp Tel***se* dan i*3. Jadi masih bisa nelpon keluarga buat minta bantuan.
Jadi, singkat cerita… akhirnya ibu menghubungi tante di sanggau buat nanya masih adakah taxi yang menuju ke Pontianak, buat saya dan 3 ponakan. Karena bapak mikirin ponakan – ponakan harus sekolah dan saya juga harus kerja. Alhamdulillah dapat… jadi taxi berangkat dari sanggau sekitar jam 4 atau setengah 5-an sore. Dan sampai ke tempat kami jam 6 malam.
Yang naik taxi, saya, 2 ponakan umur 10 tahun, dan 1 ponakan umur 3 tahun. Ibu terpaksa gak ikut, karena nemenin bapak nunggu tukang bengkel dan om sama tante yang bakal jemput.
Mungkin karena sudah terlalu letih dari jam 13.30 sampai taxi jemput jam 18.00) dan khawatir juga mikirin ibu sama bapak ditambah kami duduk di bangku belakang, sukseslah saya dan 2 ponakan saya yang besar jackpot  alias mabok kendaraan sepanjang perjalanan. Syukurnya ponakan paling kecil gak mabok dan tidur sepanjang jalan karena kecapekan. Syukurnya (lagi), supir taxi nya baik. Tahu kami (saya dan ponakan – ponakan) mabok parah, dia berhentikan mobil di pinggir jalan, ngasih kesempatan saya dan ponakan ngirup udara segar. Ketika akan naik mobil lagi, 2 penumpang taxi yg lain (bapak2…eh seumuran abang saya deh kayaknya) kompak langsung bersedia memberikan bangku tengah buat kami, dan mereka pindah ke bangku belakang. Alhamdulillah. Dan setelah izin sama supir dan penumpang lain, Alhamdulillah jendela mobil boleh di buka, jadi gak pake AC. Sudah pindah duduk, jendela sudah dibuka pun, ponakan – ponakan saya masih mabok, karena kadung udah gak nyaman duluan badannya.
Alhamdulillah, setelah sampai rumah, beberes diri, dan nelpon ibu yang Alhamdulillah-nya sudah dijemput sama om dan tante saya, dan mobil yang sudah berhasil ditarik dan di parkir di tempat orang bengkel yang bakal memperbaiki kerusakan. Lega lah seluruh keluarga. Bisa istirahat dengan tenang.
Ada cerita lucu sih diantara kejadian – kejadian menegangkan kemaren. Jadi, supir taxinya ngira ponakan – ponakan saya adalah anak saya huahaahahaha. Pas berhenti istirahat, semua penumpang turun dari taxi, termasuk 2 ponakan saya, saya gak bisa turun, karena ponakan paling kecil tidur dipangkuan saya, trus saya gak bisa lihat dua ponakan saya karena ternyata mereka berdiri di belakang mobil, saya panggil – panggil mereka gak denger. Saya agak panik dong, supir taxi nya langsung bilang gini ke ponakan “dek…dek…itu mamaknya manggil”. Denger itu saya bingung antara mau ngakak sama miris. Tapi, akhirnya milih ketawa sambil bilang ke pak supirnya “ini ponakan – ponakan saya pak, bukan anak. Saya masih mbak – mbak belum ibu – ibu” hahahahahahaha. Ketika saya ceritakan di grup keluarga, pada kompak ngetawain, sambil nyelipkan doa, dan tentu saja digodain hahahaha.
jadi sebenarnya, maksud saya cerita ini adalah bahwa, kita selalu akan menemukan hal - hal yang patut kita syukuri dalam kondisi apapun. walaupun mungkin rencana tidak sesuai harapan, tapi...kita pasti bisa menemukan hal yang membuat kita mengeluarkan kalimat "ya Allah, syukur gak...... atau masyaAllah...syukur Allah lindungi padahal.....". 
Udah sih itu aja yang ingin saya ceritakan, cukup panjang ya (*_~). Bingung ngasih judulnya hahaha. Makasih udah mampir ya .

0 komentar:

Posting Komentar

 

MyHistory Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates