Minggu, 02 April 2017

Nikah bukan Perlombaan

retnooooooo....alahai dah lama tak ketemu. Ape kabar? Iiih agak gemuk ye sekarang, pipinye tak setirus dulu.....anak dah berape ?
Itu lah kalimat pembuka, ketika pada sebuah kesempatan saya bertemu teman lama yang memang sudah bertahun – tahun tak bersua. Biasalah ya....basa basi (yang basi) orang Indonesia kalau ketemu pasti langsung nanya status....ketika saya menjawab bahwa saya masih single, tw gak sih kalian ...seseorang itu bilang apa ?
eh benarlah dikit? Masak sih belum nikah...kalah lah same adek aku. Adek aku anaknye dah 2 malahan”.
Karena udah terlalu sering dapat pertanyaan dan pernyataan seperti itu, saya Cuma senyum sambil jawab “iye ...benar”.
Okay...stop!. kita gak akan bahas obrolan lain antara saya dan teman saya itu. Yang pengen saya bahas adalah tentang kalimatnya (yang saya garis bawah dan tebalkan).
Hmmmmmmm....mungkin seseorang ini (biar enak kita sebut saja dia mb A)...si mb A ini...sepertinya menganggap pernikahan adalah  ajang perlombaan, ajang adu cepat. Sapa yang cepat dia yang menang. Mungkin, seperti itu dulu juga yang terjadi dalam hidupnya. 
Maaf ya mb A, saya jawabnya di sini...bukan gak mau “diskusi” sama mb A soal ini, tapi khawatir nanti malah jadi debat, dan berakhir dengan saya gak pengen ketemu mb A lagi. Jadi saya tulis di blog saya saja.
Setiap orang ... sapapun itu, termasuk saya...pasti ingin menikah, membangun rumah tangga dengan seseorang. Tapiiii, sayang nya tidak semua orang beruntung seperti mb A, yang Allah takdirkan jodohnya cukup cepat menghampiri. Dan lagi, pernikahan kan bukan seperti perlombaan, sapa cepat dia yang menang. Pernikahan juga bukan perkara main – main, yang di laksanakan hanya agar tidak jadi bahan gunjingan orang, agar tidak di anggap sebagai perawan tua.
Ya...kalau mau jujur sih, sedikit banyak omongan orang bakal kita dengar...soalnya kita kan hidup di Indonesia, yang keKEPOannya terhadap hidup orang lain luar biasa besar hehehe. Kita anggap aja itu mereka lakukan karena mereka sayang (hmmm...percaya?X_X)
Balik lagi....apakah salah kalau kita memilih seseorang untuk menjadi pasangan hidup kita? Kita kan gak mungkin grasak – grusuk menikah dengan orang pertama yang melamar, hanya karena umur atau omongan orang. Lagian...kalau terlalu musingin apa kata orang, hidup kita bakal ribet banget. Orang – orang kan Cuma bisa berkomentar...ntar kalau ada apa – apa...mereka gak bantuin, yang ada juga nambah topik omongan mereka hehehe.
Sebenarnya...kalau di bilang terlalu pemilih....sebelah mananya lah yang di sebut terlalu pemilih ? apakah mendambakan pasangan hidup kita sholat 5 waktu di awal waktu itu terlalu berlebihan? Atau apakah ketika mendambakan pasangan hidup tidak merokok itu suatu hal yang berlebihan? Saya rasa tidak. Tapi, ya balik lagi lah ya....setiap orang punya pola pikir yang berbeda – beda. Kita gak bisa maksakan pola pikir kita ke mereka...begitu juga sebaliknya, harapannya mereka tidak memaksakan pola pikir mereka ke kita.
Nah karena itu semua...maka sudah selayaknya kata – kata “...kalah lah sama...” tidak keluar dari lisan ketika berbicara dengan orang yang masih single.
lagian menikah itu memang Sunnah Rasulullah...tapi, kalau sampai detik ini masih single itu berarti Sunatullah J.
Wallahualam bii showab.

0 komentar:

Posting Komentar

 

MyHistory Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates