Kamis, 08 September 2016

Perbaikan Akta Lahir

Hai...hai...rihai..bertemu lagi dengan kisah saya kali ini #halah
Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang pengalaman saya mengurus perbaikan nama di Akta lahir. Selamat membaca postingan saya yang mungkin saja berisi keluh kesah ini (-_*).
Jadi cerita bermula dari niat saya untuk memperpanjang paspor, karena waktu itu punya niatan buat liburan bareng dengan teman – teman ke Kuching, Malaysia.
Saya mulai mengurus perpanjangan paspor bulan Juli 2016, bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan.kalau tidak salah minggu ke 2 bulan Ramadhan.
Loh katanya cerita tentang perubahan Akta Lahir? Kok malah jadi ke paspor ? sebentar....saya ingin menceritakan kronologis, kenapa saya sampai harus memperbaiki akta lahir. Lanjuuut...
Jadi, suatu hari (alahai bahasanya) datang lah saya ke Kantor Imigrasi Kelas 1 Pontianak, sebelumnya biar tidak terlalu lama mengantri, saya mendaftar online terlebih dahulu (saya daftar pake data KTP) ....daaaaaan, di sini lah alasan kenapa sampai saya harus merubah akta lahir.
Jadi, saya lupa ...duluuuuu, saat buat paspor untuk pertama kali, data yang saya masukkan menggunakan Data di Akta Lahir. Dan saya baru ngeh, bahwa Nama saya di Akta Lahir dan di semua berkas yg lain (KK, KTP, Ijazah2) ternyata ada sedikit berbeda...di akta lahir, nama saya yang tertera adalah TriE R**** H***********, sedangkan di berkas – berkas yang lain nama saya Tri R**** H***********. Berbeda di nama Tri...di akta pake ‘E’sedangkan di berkas lain tidak. Dan beberapa kali di cari di data, nama saya tidak diketemukan. Karena saya mendaftar lewat online...maka jadi ribet urusannya...kenapa?(ini saya tahu belakangan) karena ternyata, bila mendaftar lewat online, dan data yang di input salah, maka biaya yang sudah kita bayarkan menjadi hangus L.singkatnya, paspor saya bisa di proses, asal saya ngebenerin dulu berkas yang berbeda (berarti disini saya harus memperbaiki Akta lahir, karena Cuma itu berkas yang berbeda).dan setelah diskusi dengan pihak imigrasi, sekretaris RT tempat saya tinggal, serta orang dukcapil...saya harus perbaiki akta lahir. Kenapa akta lahir yang di perbaiki? Bukannya berkas2 yang lain?...ya karena, ngurus perbaikan nama di ijazah2 saya pasti jauh lebih ribet.
Kemudian, saya di sarankan oleh pihak dukcapil untuk mengurus perbaikan nama tersebut di PN alias Pengadilan Negeri, dan harus melalui mekanisme sidang. Kenapa harus ke PN? Kenapa gak di dukcapil langsung? Karena ‘usia’ akta lahir saya lebih tua di banding dengan berkas – berkas saya yang lain.
(sekarang, kita lupakan dulu tentang perpanjangan passport...akan saya ceritakan setelah passport saya beres)
 

MyHistory Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates